Cara Terbaik Memasang Lantai Kayu

Setelah memilih jenis lantai kayu sesuai dengan desain serta budget yang kamu gunakan. Dan selalu mempertimbangkan 4 hal yang perlu diperhatikan sebelum memasang lantai kayu. Selanjutnya ialah memulai pemasangan lantai kayu namun sebelum itu perlu meratakan dasar lantai menggunakan pol foam. Nah, jika kamu penasaran kenapa harus menggunakan poly foam silahkan kunjungi artikel sebelumnya. Jika semua sudah di persiapkan lakukan cara terbaik memasang lantai kayu berikut ini. Dengan harapan hasil yang akan ditampilkan memberi kesan artistik dan mewah secara maksimal ke dalam ruanganmu.

Tahapan Pertama

Jika kamu ingin memasang lantai kayu dengan vertikal atau lurus. Maka, atur sisi lidah menghadap ke tengah ruangan dengan memberi jarak antara dinding ruangan dan lantai. Hal tersebut dilakukan untuk memberi atar yang cukup dan juga mengatur efek lantai kayu terkena panas dan lembab. Beri lubang paku 1/4 inci dari sisi sempit kayu dan ½ inci dari dinding selanjutnya pada bagian interval beri 6 inci untuk panjang setiap lantai kayu.

Tahapan Kedua

Buat pola untuk jembatan awal proses memasang lantai kayu pada pembatas ruangan. Cocokan sudut tersebut dengan material yang ada baik itu dempul atau material lantai kayu itu sendiri. Lakukan blind nailing yaitu metode dimana menyembunyikan paku menggunakan papan lantai kayu selanjutnya dengan mendorong paku pada sudut 45 derajat dan menyesuaikan alurnya dari papan berikutnya. Selalu pastikan sudut yang menjadi awal pemasangan dibawah permukaan kayu selanjutnya untuk mencegah gangguan pada sendi papan kayu.

Tahapan Ketiga

Lakukan kunci lidah dan alur dengan menekan material papan kayu secara bersamaan pada baris kedua lantai kayu menggunakan palu dan blok. Hal tersebut dilakukan untuk mencocokkan antara material dan papan lantai kayu.

Tahapan Keempat

Pada tahap keempat memasang lantai kayu lakukan blind nail (baris kuku buta) melalui lidah papan. Ulangi proses tersebut sampai mendapatkan baris lantai kayu yang dapat menggunakan nailer. Karena nailer floor membutuhkan ruang untuk menggunakannya sehingga biasanya tidak dapat digunakan sampai 2-4 baris lantai. Saat menggunakan nailer floor pastikan telah menginstal pelindung lantai seperti poly foam.

Tahapan Kelima

Ketika sampai  baris lantai terakhir pada proses memasang lantai kayu, beralihlah memaku menggunakan tangan. Jika lebar bagian akhir 1 inci atau kurang, gunakan sedikit lem kayu untuk memasukkan potongan bar sebagai alat pelindung dinding. Sehingga wajah pada papan terakhir tidak akan berbenturan dengan dinding dan rusak.

Itulah cara terbaik memasang lantai kayu yang dapat dilakukan agar mendapatkan hasil yang maksimal. Setelah melakukan cara diatas kamu dapat melakukan proses finishing jika papan lantai kayu yang kamu gunakan belum melakukan coating. Selalu lakukan pemasangan dengan hati-hati agar tidak memberikan efek yang tidak diinginkan. Jika perlu sewa profesional untuk melakukan pemasangan. Metode atau cara di atas merupakan cara modern menggunakan alat modern seperti blind nail, nailer floor dsb.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *